Bagus ni

Nemu di fb..

Ditoko online itu ,
1. seller menunjukan barang jualannya ke netizen, maka untuk menunjukkan produk jualan tsb , seller membuat katalog, berupa foto produk ,kode , harga, dan ketentuan tentang produk yg dijualnya.

2. setelah produk yg dijual ada dan siap di pasarkan , toko online membangun pondasi digitalnya.
a. website
b. acc instagram
c. fanpages facebook
d. marketplace
e. no hp , whatsapp, email, pin bb, serta line.
f. rekening bank yg sudah siap cek saldo online dan transfer online.
g. account youtube si toko online tadi.

website di rencanakan dengan matang, kontennya, artikelnya, about us, contact, faq, flow proses ordernya, live chatnya, dst.

urusan website kelar, di website pastinya ada link acc sosmed diatas, maka tahapan selanjutnya adalah mengupdate harian / mingguan untuk acc insta, rajin upload dengan hashtag, pintar2 mencari follower, bukan bot,

urusan insta beres, maka lanjutlah ke content dan setting fanpages , dengan bermodal likes pas2 an bukan account fanpages elite diatas 500.000 follower, calon toko online yg baru dibangun harus update konten fanlages agar terus di likes oleh netizen tanpa kita memintanya ubtuk nge likes. atau ngemis2 like.

berikutnya adalah mulai membuat account2 di marketplace , verifikasi.. sebagaimana kita tau ada toped, bukalapak, olx , kaskus, dll. tentunya konten dagangan kita harus pula di upload dan di isi disana.

3. nge handle customer
sudah jadi semua yg di no 2, selanjutnya order mulai datang , dari email, postingan2 update di fanpages, di insta mulai mendapat respon dari calon pelanggan (baru bakal calon pelanggan). beberapa mulai bertanya tentang barang yg anda jual, ada yang dari pm fanpages ada yg dari DM insta , bahkan ada yg comment dari foto produk, yang kalau di fb itu munculnya di notif, dan sangat mudah hilang dan tenggelam, seringkali anda juga harus menjelaskan sesuatu yg anda sudah tulis di keterangan.

beberapa customer perlu di followup apakah jadi pesan atau tidak, beberapa dari respon balik toko online misal dari status, atau dari comment netizen di foto bisa jadi membuahkan penjualan..

selain itu ingat pula whatsapp , bbm , sms yg masuk , bahkan dari email jg setiap ada komunikasi yg masuk di situlah peluang kesempatan adanya penjualan bisa saja terjadi.

tanya jawab customer dengan cs yg tak berkesudahan, muncul yg baru lagi, lalu muncul10 , 10 selesai muncul 20 semua harus di respon dengan emosi yg positif, ramah , cepat dan tepat.

4. proses order
proses order setelah transaksi terjadi harus cepat dan tepat, dan ada kesan yg baik dalam packing pengiriman, krn brand toko online cukup dipertaruhkan di setiap pengiriman ke pihak kurir. memastikan agar bentuk paket tidak rusak, karena tergencet2 di ekspedisi.

cek mutasi transfer, minta alamat, lalu approve order as paid. ambil barangnya, sortir, lalu packing , dan tempel alamat yg sudah di print.

sore hari biasanya para kurir ekspedisi sudah siap di depan kantor dan menjemput paket yg siap kirim.

5. shipped!
wait n pray , semoga tidak terjadi sesuatu yang buruk , paket nyasar, rusak, delay gila gilaan, buyer tidak ada di rumah pada saat pengantaran . dsb.

================================

1. perlu beberapa sdm yg mengerjakan, stressload terbagi , workload terbagi , bangun sistem kerja yg efisien didalamnya.

2. manfaatkan otomatisasi yg sebisa mungkin.

3. minimasikan dan kesampingkan BAPER ngehandle customer.

4. perlu konsistensi dalam merespons netizen2 yang akan jadi calon pembeli kita.

5. jaga hubungan baik ke semua pelanggan dan suplier

6. pintar2lah memanage waktu , dan bikin shift siang dan malam , seringkali transaksi terjadi di malam2 buta.

7. fokus ke lapak sendiri, jangan urusin lapak orang lain, kecuali elu dibayar buat ngurusin lapak orang lain.

8. terus update hal2 terbaru, gaya marketing terbaru, dan terus perbaiki blindspot dari toko online anda.

9. jangan gampang dibawa angin, lagi laku a lu jualan a , berubah jaman jualan b lu jualan b, sementara jualanan a lu tutup… fokus ..

10. usahakan ada backup koneksi internet , pakai yg murah aja untuk koneksi backup internet loe.

11. bersosmed harus tetap aktif ya

12. modal , jumlah kastemer, jumlah barang, jumlah penjualan akan berkembang dengan sendirinya jauh ke dalam sana ketika semakin fokus menyelami dan menguasai komoditi yg sedang loe mainkan di online.

13. atur tingkat stress agar bisa terus perform lebih baik dan lebih baik lagi.

14. di internet itu lu bisa masukin 1 milyar hal negatif ke kepala lu dalam waktu hitungan hari , tapi bisa juga sebaliknya, so pilah2 1 hari ratusan hal positif masuk ke kepala, 10 hari ribuan hal positif masuk di kepala yang nantinya akan mengarahkan lu ke tindakan dan keputusan yg positif , dan pada akhirnya energi positif itu masuk terbawa ke toko online lu, ke gaya pembawaan lu, ke seluruh tim dan crew toko online lu, dan pada akhirnya sampai ke pelanggan lu. toko online ukm lapakan itu penting banget agar si owner itu punya spirit yg positif di dalamnya, jadi pembawaan dan kata2, warna, energi dan sebagainya nyaman, bukan JUTEK….

15. jualanannya apa aja, ada makanan kering, fashion, olahraga, game, otomotif, toys, hobbies, pernak pernik, sepatu, aksesoris hp, komputer, cemilan n snack , fitness supplies, kosmetik, alat bela diri, pet supplies, babyshop, musik, perkakas dll.. (cukup lah ya , gak perlu gue sebutin semua ntar udah kayak FJB ) mereka yg besar karena sudah hafal dan berpengalaman oleh fundamental yg sangat inti dan sangat penting ini. bukan masalah bicara jualan apa yg rame sekarang?.

mereka yg yakin awalnya sepi, suram, bisa mereka ubah dan akhirnya mereka cukup menguasai bidangnya. disanalah faktor utama mereka menjadi besar nya.

jadi jualan apa yg rame sekarang?….
menurut looohhhhhh???🙂

View on Path

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s