Assalamualaikum…

Selamat pagi..
Hanya ingin sharing sesuatu dari sebuah buku yang menurut saya sangat luar biasa…

Buku tersebut berjudul 70 tips dan trik komunikasi karya achmad annama chayat

Salah satu pembahasan dalam buku tersebut berjudul
“5 Hukum Komunikasi Yang Efektif”

Kelima hukum tersebut disingkat menjadi “REACH”

Nah, pasti penasaran..apa saja lima hukum komunikasi efektif tersebut kan…? 😊

Yang pingin tahu..juga yang penasaran dan udah gak sabar ingin segera punya kemampuan komunikasi di atas rata-rata..

Acungkan tangannyal…dan katakan “SAYA!”

*****

Btw, sebelum kita bahas tentang 5 hukum komunikasi yang efektif..

Saya mau nanya dulu nih,,menurut temen-temen disini..definisi komunikasi itu apa ya..?

Hmmm…pasti udah pada tahu semua dong…yup! 😊

Komunikasi itu dasarnya adalah upaya bagaimana meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif orang lain.

Nah! Cukup jelas bukan..

Berikut uraian kelima hukum komunikasi efektif sebagai pondasi untuk mengembangkan kemampuan bicara di depan publik sebagaimana saya kutip dari buku 70 tips dan trik komunikasi

Cekidot..

R espect

Hukum pertama dlm berkomunikasi efektif , khususnya bicara di depan publik adalah sikap HORMAT. Ini hukum utama dalam berkomunikasi dengan orang lain, termasuk berbicara di depan publik, karena Jika anda ingin dihormati, maka hormatilah orang lain, setuju?!

Daaaaannn.. Kita juga harus ingat bahwa prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting, betul? 😉

E mpathy

Hukum kedua adalah empati, kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yg dihadapi orang lain. Empati membuat kita mampu menyampaikan pesan dengan cara dan sikap yg mudah diterima penerima pesan.

Beberapa cara untuk melatih sikap empati adalah dengan cara : memahami latar belakang, golongan, tingkat ekonomi, umur, pendidikan, kebutuhan, minat, harapan, dan lainnya dari orang yang kita ajak berkomunikasi.

Empati juga berarti kemampuan mendengar dan siap menerima masukan atau umpan balik apapun dengan sikap positif.

Banyak dari kita yg tidak mau mendengarkan saran, masukan apalagi kritikan orang lain. Padahal esensi komunikasi adalah dua arah. Komumikasi satu arah takkan efektif manakala tidak ada umpan balik (feedback) dri audiens.

A udible

Hukum ketiga adalah audible, dapat didengar dan dimengerti dengan baik. Dalam hal ini pesan yg kita sampaikan harus diterima dengan baik oleh audiens. Hukum ini mengacu pada kemampuan untuk menggunakan berbagai media, sarana, dan prasarana audio visual yg akan membantu penyampaian pesan dengan baik.

C larity

Hukum keempat adalah kejelasan pesan. Selain harus dapat diterima dengan baik, pesan harus jelas sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau penafsiran berlainan. Kejelasan pesan ini tergantung pada kualitas suara dan bahasa yg kita gunakan. Penggunaan bahasa yg tidak dimengerti membuat isi presentasi kita tidak mencapai tujuannya. Seringkali orang mengganggap remeh kejelasan pesan dalam public speaking, sehingga tidak menaruh perhatian pada suara dan kata kata yg dipilih untuk digunakan.

H umble

hukum kelima adalah sikap rendah hati. Sikap ini merupakan unsur yg terkait dengan hukum pertama untuk membangun rasa saling menghargai dengan orang yang kita ajak komunikasi. Justru dengan kerendahan hati lah kita dapat menarik perhatian dan respon positif dari audiens.

*****

Kelima hukum komunikasi tersebut penting untuk menjadi dasar melakukan pembicaraan secara one by one atau di depan publik.

Semoga, anda yang sudah membaca kelima hukum komunikasi yang efektif mampu mengaplikasikannya secara baik dalam kehidupan komunikasi anda dengan banyak pihak.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan anda share lagi ke banyak orang..agar mereka pun merasakan menfaat yang sama seperti yang anda rasakan 😊

” We SHARE because We CARE”

Ihsan Septiadi S.Pd.I

-The Lucky Man-

#NextLEGEND
#FromZeroToHero

View on Path

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s