CuteTwit edisi psikologi #Bangkit dari bangkrut oleh by @jayaYEA


1.Thn ’98, saat saya memutuskan keluar kerja & membangun bisnis, ada seorang supplier Singapura bernama Mr. Lim>> #BANGKIT

2.>> mengajak saya makan malam perpisahan di sebuah Steak House di Batam. #Bangkit

3.Hubungan saya dengan para supplier cukup dekat, meski tanpa suap. Inilah pelajaran saya dari Mr. Lim. #BANGKIT

4.Mr. Lim: Jaya, benar ya kamu akan keluar kerja dan bangun usaha? | Saya: Ya boss, benar. #BANGKIT

5.Mr. Lim: Usaha apa? | Saya: Supplier industry (saat itu cukup tren & mudah di Batam). #BANGKIT

6.Mr. Lim: Siapa pemodalnya? (karena dia tahu pasti, saya nggak punya modal). #BANGKIT

7.Saya: Kawan saya dan 1 orang Singapura. Barang dibantu pengadaan (talangan) rekan Singapura, dengan fee 5 %. #BANGKIT

8.Mr. Lim: Kalo seandainya kawanmu ingkar janji atau berhalangan membantumu bagaimana? #BANGKIT

9.Saya: Nggak akan, dia udah janji akan ‘support’ saya. *optimisbuta #BANGKIT

10.Mr. Lim: Aku katakan SEANDAINYA! (dg nada menekan) Seandainya dia tak Penuhi janjinya, apa kamu siap? #BANGKIT

11.Saya berdiam sejenak dan merenung… kemudian saya katakan “SIAP!” #BANGKIT

12.Mr. Lim: Ingat Jaya.. Dalam bisnis jgn bergantung kpd org lain 100%. Kamu adlh FONDASI dlm bisnismu! #BANGKIT

13.Ternyata apa kata Mr. Lim BENAR. Krisis tahun ’98 tidak hanya di Indo, pebisnis di S’porepun berjatuhan>> #BANGKIT

14.>> termasuk rekan bisnis saya. Janji support pengadaan barangpun tak dipedulikan lagi. #BANGKIT

15.Boro-boro support saya, support bisnis sendiripun kembang-kempis. Dia bangkrut, sayapun ikutan bangkrut. #BANGKIT

16.Mungkin saat ini Anda sedang bangkrut. Bersyukurlah jika masih banyak ‘malaikat-malaikat’ di sekitar Anda. #BANGKIT

17.Tapi biasanya, saat Anda bangkrut, JIN-pun malas berteman dengan Anda. #BANGKIT

18.Maka dari itu ada baiknya saat dlm kondisi bangkrut, tak perlu meratap & berkeluh kesah kpd kawan2 Anda>> #BANGKIT

19.>>kecuali bisa memberi solusi atau bahkan membantu keuangan Anda. Jika tidak, TELANLAH kebangkrutan Anda sendiri. #BANGKIT

20.Boleh berharap orang lain membantu kita, tapi persiapkan mental menghadapi penolakan-penolakan. #BANGKIT

21.Apa sih resiko terburuk saat bangkrut? Yuk simak satu-satu… #BANGKIT

22.Pertama: Dijauhi teman; alhamdulillaah jadi tahu mana yang sahabat sejati.. #BANGKIT

23.Kedua:Ditinggal pasangan; alhamdulillaah bakal dapat yang lebih bagus nih & dia tak layak u/ Anda.. #BANGKIT

24.Ketiga: Mobil ditarik; saatnya melepas kesombongan. Keempat: Rumah disita; nostalgia anak kos deh.. #BANGKIT

25.Kelima: Debt Collector nagih tiap hari; ya mau diapain, lha wong gak punya duit?! Minta maaf, trus kasih 50rb.. #BANGKIT

26.Keenam: Diancam dipidanakan!!; hutang-piutang adalah PERDATA, bukan pidana! Kecuali Anda dipelesetkan atau ceroboh. #BANGKIT

27.Ternyata dari semua resiko2 bangkrut, tak ada yang mematikan. Terburuk adalah MINUS DUIT, tapi PLUS PENGALAMAN. #BANGKIT

28.Ujian bisa dlm bentuk musibah, jg kelimpahan. Saat berkelimpahan, justru ujian yg lebih berat>> #BANGKIT

29.>>krn sering menjauhkan kita dari Allah. Kebangkrutan sering ada baiknya, yaitu merontokkan kesombongan2 kita. #BANGKIT

30.Ternyata banyak faktor kesuksesan yang tak bisa dinalar akal atau kerja keras kita. #BANGKIT

31.Mungkin Allah rindu dengan ibadah kita, ratapan kita, kerendahdirian kita dihadapan-Nya. #BANGKIT

32.Bermunajat kpd-Nya adlh bukti alangkah kecilnya kuasa kita, tapi JANGAN PAKSA Allah memenuhi doa kita saat itu juga. #BANGKIT

33.Saya katakan spt itu krn banyak yang frustasi dan justru hilang iman saat berharap (dan memaksa) Allah akan>> #BANGKIT

34.>>memberikan kemudahan kepada kita saat itu juga. #BANGKIT

35.Bisa jadi bukan kemudahan yang Anda dapatkan, tapi justru hambatan2 lain yang Anda dapatkan. Lho koq? #BANGKIT

36.Ya memang spt itu kenyataannya. Sempat saat saya bangkrut yg ke2 di usia 31, saya mempertanyakan kepada Allah>> #BANGKIT

37.Aku kurang apa? Bukannya aku berbakti padaMU? Jalankan perintah2MU? Rajin & jujur, tapi knapa musibah ini bertubi2? #BANGKIT

38.Tentu saja tak akan secara langsung saya mendapat jawabannya. Baru beberapa tahun setelah itu, saya memahami>> #BANGKIT

39.>>kenapa Allah menguji saya. Itupun versi saya (ujian), bisa jadi hukuman, atau diselamatkan dari maksiat. #BANGKIT

40.DG penerimaan diri menghadapi kondisi terburuk, akan TERBEBAS dari tuntutan hasil atas segala upaya atau doa kita. #BANGKIT

41.Manakala kepasrahan hati (atau istilah saya ‘ZERO’) kepada Allah sepenuhnya, membuat kita syukur>> #BANGKIT

42.>> jika ada kemajuan dalam kasus yang sedang kita hadapi. #BANGKIT

43.Saya tak brani memberikan iming2 kpd Anda dg sedekah Anda yg akan instan berbalas & menyelesaikan masalah2 Anda. #BANGKIT

44.Meski itu janji Allah, tapi itupun jg rahasia & hakNYA untuk memenuhi, menunda atau mengganti dlm bentuk yg lain. #BANGKIT

45.Seusai simulasi firewalk (berjalan diatas api) di @EcampIndonesia , kami menjelaskan makna dari simulasi tersebut. #BANGKIT

46.Api ibarat kebangkrutan yang kita takuti, membara dan membakar, jika kita TERDIAM. #BANGKIT

47.Namun akan berkurang rasa sakitnya apabila kita tetap berjalan, bahkan berlari, tentu tetap dengan hati-hati. #BANGKIT

48.Kebangkrutan memang menyakitkan, tapi tak membuat kita mati, jika kita tak terus meratapi. #BANGKIT

49.Bahkan membuat kita menemukan semangat dan daya ungkit yang lebih apabila kita bangkit dan menaklukkannya. #BANGKIT

50.Jika kita bisa menghadapi yg terburuk, maka setiap langkah kemudahan akan jadi langkah syukur & smangat kita. #BANGKIT

51.Setelah keGUNDAHan HATI dapat ditaklukkan, maka langkah selanjutnya adalah meMAKSIMALkan IKHTIAR. Sekian… #BANGKIT

 

Sumber : Jaya Setiabudi, Founder Young Entrepreneur Academy, Follow: @JayaYEA

Ihsan Septiadi

Follow Me @MasterMumtaz

Salam Mumtaz !!

Tinggalkan Balasan

