#4Kepribadian by @JayaYEA


 

Apa gunanya?

1.Merekrut

2.Placement

3.Negosiasi

4.Berteman

5.Pasangan dan lainnya..

Intinya: Sanguin & Koleris = Orang Kanan | Melankolis & Plegmatis = Orang kiri. Yg belum paham, baca singkat artikelnya dulu »»»

MEREKRUT KARYAWAN YANG BAGUS DAN TEPAT

Ada 2 kriteria dalam merekrut karyawan atau tim, yaitu:

1.    BAGUS : secara attitude

2.    TEPAT : secara posisi

Apa yang akan saya paparkan berikut adalah hasil dari pembelajaran saya, sebagian dari buku dantraining, selebihnya pengalaman saya di lapangan.

 

Ingat: saya tidak akan memperdebatkan metode yang saya ungkapkan ini secara science! Apa yang saya dapatkan adalah dari pengamatan POLA! SoTake it or leave it! Yang terbaik adalah jika Anda menyerahkan perekrutan pada seorang psikolog profesional dan kemudian Anda yang membuat keputusan terakhir.

 

Orang yang BAGUS

Adalah penilaian secara attitude. Dalam buku Good to Great (Jim Collins) dikatakan “First WHO then What“, maknanya adalah merekrut orang yang ’bagus’ sejak awalnya adalah utama…

 

 

Orang yang bagus, tak perlu dimotivasi berlebihan, cukup diarahkan dan dididik. Orang yang jelek (lawan bagus, bingung pilih istilahnya), akan merepotkan kita dalam memotivasi dan mengontrolnya. Deskripsi orang yang bagus adalah penilaian secara attitude: Jujur (tersulit buktinya), etos kerja tinggi, tulus, dan lainnya. Saran terbaik untuk mendapatkan orang yang BAGUS adalah dari referensi orang yang terpercaya! Tapi bukan berarti berhubungan darah.

 

 

Bagaimanapun integritas seseorang teruji dengan waktu dan kejadian. Jadi ada baiknya berikan mereka yang ’pahit-pahit’ saat masih training. Dalam hal memilih orang yang bagus, saya masih banyak menggunakan kemampuan bawah sadar atau intuisi. Tapi tidak semua orang bisa tentunya. Namun ada 2 metode untuk menguji kejujuran seseorang, yaitu dengan teknik petunjuk bola mata dan KALIBRASI. Caranya?

 

Siapkan beberapa pertanyaan (dari CV), yang Anda jelas Anda ketahui jawabnya. Misalnya: kuliah, asal, usia, dan sebagainya. Tanyakan Setidaknya 3 dari pertayaan tersebut. Misalnya,”Anda dulu kuliah dimana?”. Perhatikan gerakan bola matanya. Umumnya orang akan melirik ke kiri untuk mengingat. Jika ternyata dia melirik ke kanan, artinya kalibrasi ’akses memori’-nya adalah kanan (sering kasusnya kidal). Jika ia melirik ke kiri, berarti itu normal. Tanyakan beberapa pertanyaan untuk memastikan kebenaran pengamatan Anda. REKAM bahasa tubuhnya di bawah sadar Anda sebagai tanda MEMORI orang tersebut.

 

Kemudian tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya imajinatif, misal, “Apa Target-target Anda 5 tahun yang akan datang?”. Amati pola mata juga wajahnya. Umumnya orang akan melirik ke kanan. Namun jika ia melirik ke kiri, artinya dia pengecualian. Rekam di bawah sadar Anda tanda IMAJINASI.

 

Nah, sekarang saatnya Anda boleh menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang belum Anda ketahui jawabnya. Misalnya,”Berapa penghasilan Anda sebelumnya?” Jika ternyata dia menjawab dengan bahasa tubuh, terutama mata, yang menandakan tanda IMAJINASI (misal, melirik kekanan)… Artinya dia berbohong!!! Simpel kan?! Bagaimanapun, waktu yang akan menguji integritas seseorang. Hal yang terpenting adalah sistem kontrol dan KPI tetap harus difungsikan.

 

Orang yang TEPAT

 

Adalah penilaian berdasarkan talenta atau kecenderungan karakter yang ia miliki. Ingat: orang yang tepat bukanlah superman yang serba bisa atau multitalenta, tapi orang yang punya 1 talenta pada tempat yang tepat. “The right man on the right place“, masih berlaku kan?  Jika attitude-nya bagus, saatnya mencari tempat yang tepat.

 

Jangan berpikir untuk memoles kekurangan seseorang, capek tenaga, capek pikiran. lebih baik fokus pada kelebihannya dan tempatkan di posisinya. Untuk mencari seseorang di posisi yang tepat, saya masih menggunakan testing DISC atau modelnya Florence Liteaur, Personality Plus. Ringkasnya ada 4 macam kepribadian:

 

Sanguinis-Ceria | Koleris-Kuat | Melankolis-Sempurna | Plegmatis-Damai |

 

Sanguin dan Koleris, disebut orang KANAN, karena cenderung dominan otak kanan. Melankolis dan Plegmatis adalah orang KIRI, cenderung dominan otak kiri.

 

Ciri-ciri Orang Kanan:

Do then Think (cenderung action baru mikir).

Bicara lebih cepat dibanding rata-rata.

Komunikatif, dinamis; cocok untuk PR, sales.

Cenderung cocok untuk kerja di LUAR ruangan.

 

Ciri-ciri Orang Kiri:

Think then Do (cenderung mikir baru action).

Bicara lebih lambat dibanding rata-rata.

Administratif, stabil, cocok untuk akunting, kasir, produksi.

Cenderung cocok di dalam ruangan.

 

Pertanyaan filtering: “Kebetulan ada 2 posisi yang kita cari, bagian lapangan; sales dan bagian dalam; admin/akunting, pilih mana?”. Jika kita mencari orang dalam, ternyata dia memilih bagian luar, yang jelas itu tak sesuai dengan minat dia. Lebih baik tidak diterima.

 

Dari surat lamaran, biasanya orang sales, jarang rapi dan teliti. Ketikannya ada saja yang salah, spasinya tidak beraturan. Sedangkan orang akunting dan kasir haruslah orang yang teliti! Jadi, ketikan mereka (hampir) tidak ada cacatnya.

 

Tes Empati: Jatuhkan pena di hadapan pelamar. Jika ia refleks mengambil dengan cepat, berarti empatinya tinggi sangat cocok untuk CS, PR,  Sales, tapi TIDAK COCOK untuk menjadi KASIR! Kok bisa? Jika kasir empatinya tinggi, uang tak aman di tangannya. Melihat orang kena musibah, diberikan uangnya, gawat!

 

Bagian CS, waiter atau bagian depan yang bersapa langsung dengan pelanggan, cari yang wajahnya cenderung bulat atau oval, bukan wajah kaku atau kotak. Karena wajah bulat dan oval diasosiasikan sebagai ’wajah bayi’. Tentu saja dengan tambahan:  senyum dan keramahan alami. Jika Anda masih berpikir,”Cocok gak ya untuk waiter?”. Artinya dia gak cocok..! Harusnya sekali lihat, Anda sudahsreg dengan keramahannya! Ingat! Bukan berarti orang yang berwajah ’kotak’ tidak baik lho, tapi tidak tepat ditempatkan di bagian depan.

 

Semua tes diatas tentu saja dengan mengindahkan latar belakang pendidikan yang relevan, apalagi bagian seperti akunting dan teknik. Dan sekali lagi, apa yang saya share diatas adalah berdasarkan pengalaman dalam merekrut tim. Semoga bermanfaat. FIGHT!

***

Oke..kita kembali ke CuteTwitnya @JayaYEA ya »»»

Ada yg nyimak gak sih yaa? Mau tahu karaktermu & kecocokanmu ‘hidup’ dimana? *absen

Nih tips termudahnya.. #4Kepribadian

Orang KANAN cenderung bicara & bertindak lebih cepat dari rata2. Istilahnya: Action dulu baru MIKIR. #4Kepribadian

Orang KIRI cenderung bicara & bertindak lebih lambat dari rata2. Istilahnya: Mikir (lama) dulu baru Action. #4Kepribadian

Kadang orang KIRI, saking lamanya Mikir, gak Action2.. #4Kepribadian

Ciri2 lain: KANAN kalo tertawa lebih terbahak & lepas. KIRI senyumnya minimalis.. #4Kepribadian

Kalo ada yg ngomongnya cepat, tapi (natural) senyumnya minimalis, artinya kanan & kirinya cukup berimbang.. #4Kepribadian

Orang2 yg KANANnya dominan, biasanya agak grusa-grusu, kamar berantakan (ngaku), ngetik sering salah.. #4Kepribadian

Nah, orang KIRI itu lebih cenderung telaten & rapi, apalagi yg melankolisnya dominan.. #4Kepribadian

Karena KANAN orangnya dinamis (cepat), mrk cocok kerja DILUAR RUANGAN, gak betah lama2 didalam! #4Kepribadian

Yg masih belum mudeng, KANAN itu Otak Kanannya dominan, imaginasi. KIRI adalah memori.. #4Kepribadian

Lanjut yaa, Org KANAN dibagi menjadi: Sanguinis & Koleris | KIRI: Melankolis & Plegmatis. #4Kepribadian

Sekali lagi… yg belum baca artikel saya, segera baca dulu, biar gak jetlag. http://Yukbisnis.com/hot/detail/31  #4Kepribadian

Nah, Org sanguin itu emosionalnya LABIL, up & down-nya cepet. Nangis & ketawa silih berganti.. #4Kepribadian

Sanguin orgnya ceria, hebring, sering jadi pusat keramaian. Influencenya tinggi.. #4Kepribadian

Ciri2 yg BENER2 Sanguin, biasanya proporsional mata-hidung-mulut cenderung rapat. Biasanya hidungnya melebar. #4Kepribadian

Koleris, wajahnya keras, rahangnya agak persegi, alisnya tebal, ngomongnya ada penekanan2. #4Kepribadian

Cowok Koleris kelihatan sekali pelipisnya menonjol & JARI MANISNYA LEBIH PANJANG DARI TELUNJUK!.. CEK..! #4Kepribadian

Hayyoo, siapa yg merasa Jari Manisnya lebih panjang dari Jari Telunjuk..? *cung #4Kepribadian

Orang2 Koleris adalah orang2 yg gak mau kalah, bossy, karena tetosteronnya lbh besar dibanding rata2. #4Kepribadian

Melankolis: ciri2 utamanya: sangat teliti, bisa cek di TL-nya jarang ada salah ketik. Mrk cek sblm send. #4Kepribadian

Melankolis biasanya berpakaian rapi, meletakkan barang2 dg penuh kesadaran, makanya jarang lupa. #4Kepribadian

Plegmatis kelihatan dari ujung luar alisnya yg menurun. Yg dominan Plegmatis, wajahnya cenderung bulat.. #4Kepribadian

Melan & Plegma sama2 suka menunda, hanya saja beda alasan. #4Kepribadian

Melan: “Bentar, masih belum sempurna” | Plegma: “Kalo bisa besok, knapa harus sekarang..?” #4Kepribadian

Kalo cari bag SALES, carilah Sanguinis-Plegmatis, dinamis, persuasif, tapi cukup empaty. #4Kepribadian

Kalo cari PR, kebalikannya Plematis-Sanguinis, agar lebih banyak mendengar, gak nerocos terus.. #4Kepribadian

Kalo cari bag produksi, yg betah di dalam, carilah orang plegmatis atau melankolis. #4Kepribadian

Kalo admin, kasir, pilihlah orang Melankolis abis..! #4Kepribadian

1 tes menarik: Jatuhkan pena Anda seolah tak sengaja saat wawancara. Lihat reaksi ‘spontan’nya dlm 2 detik. #4Kepribadian

Jika ia langsung spontan tangannya gerak mengambil, jgn jadikan dia kasir, krn empatinya terlalu besar. #4Kepribadian

Tapi ‘pengambil pena’ cocok u/ bag sales, karena empati. Maka dari itu, orang sales tak bisa pegang duit lama2. #4Kepribadian

Jika orang sales memegang uang Anda menginap, akan cenderung hilang (abis), ntah u/ foya2 atau menolong orang. #4Kepribadian

 

Sumber : Jaya Setiabudi, Founder Young Entrepreneur Academy, Follow: @JayaYEA

Ihsan Septiadi

Follow Me @MasterMumtaz

Salam Mumtaz !!

 

 

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s