Keberanian Mengambil Keputusan


Mudahkah mengambil keputusan?

Caranya bagaimana ya?

Kalau salah dalam mengambil keputusan kan nantinya bisa fatal akibatnya, trus aku harus bagaimana dong?

itulah beberapa pertanyaan yang akan kita bahas di sesi kali ini,,ini bukanlah sebuah tulisan yang berniat menggurui, tapi hanya sebuah sesi berbagi via blog. Harapannya semoga bisa membantu mereka yang membutuhkan jawaban-jawaban dari beberapa pertanyaan di atas.

Mari kita mulai sahabat Mumtaz.

Artikel ini bersumber dari http://michaelyani.blogspot.com yang di posting dengan judul “Keberanian Mengambil Keputusan”

Karena sangat menarik dan bermanfaat menurut saya, maka saya akan mempostingnya di blog ini.

Keberanian mengambil keputusan
 

Ketika kita berada di persimpangan jalan, apa yang kita lakukan?  Jalan mana yang diambil? Apakah kita hanya duduk saja menunggu datangnya ilham yang akan memberitahukan kita untuk memilih yang terbaik?

Seringkali kita menunda mengambil keputusan, ataupun tidak mengambil kepu,tusan sama sekali, karena terdorong rasa takut. Pada dasarnya, rasa takut menunda datangnya kesempatan. Ketakutan yang berlebihan membuat kesempatan itu tidak akan pernah datang.
Tapi di sisi lainnya, pengambilan keputusan secara serampangan tanpa pertimbangan matang, juga bisa menghilangkan kesempatan. Yang kita perlukan adalah pemikiran yagn tuntas untuk bisa mengambil keputusan terbaik. Dan yang lebih penting adalah keberanian mengambil keputusan dan melaksanakannya.
Dalam mengambil keputusan, cobalah melihat sesuatu dari sudut pandang lain, jangan terjebak dengan common sense, karena apa yang baik bagi sebagian besar orang, belum tentu baik bagi diri kita.
Ketika kita mengambil sudut pandang yang berbeda, seringkali kita mendaptkan peluang lebih besar untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik.
Coba sejenak kita tenangkan diri untuk membaca dan merenungi kata-kata mereka yang telah berhasil dalam menghadapi gejolak pengambilan keputusan…(Penulis)
Keputusan membutuhkan pengorbanan, jika anda memutuskan untuk membuka satu usaha, anda tidak mungkin mengerjakan hal lainnya. Jika anda tidak memilih prioritasnya, juga ada pengorbanannya  yaitu anda tidak akan pernah sampai kemana-mana (Paul Budnitz, Founder Kidrobot)

Hindari kerumunan bangun pemikiran Anda sendiri jadilah pemain catur, bukan pionnya (Ralph Charell)

Jika orang-orang berjalan ke kanan, berbeloklah ke kiri (Film Dead Poets Society)
Saya tidak tahu kunci sukses, tapi kunci kegagalan adalah mencoba menyenangkan orang (Bill Cosby)
Berikan semua orang telinga Anda, tetapi berikan sedikit orang suara Anda (Shakespeare)
Saya hanya kebetulan berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat, saya memperoleh visi kemana industri komputer akan bergerak, dan saya segera bertindak (Bill Gates)
Janganlah biarkan diri anda melihat segala sesuatu secara umum saja (Samuel Johnson)
Jika Anda takut, anda akan gagal (Arnold, Palmer, Pegolf Kaliber Dunia)
Seseorang yang bepergian sendiri dapat memulai harinya, tetapi dia yang bepergian dengan orang lain harus menunggu sampai yang lainnya siap (Henry David Thereau)
Kadang-kadang memenangkan sesuatu pertarungan berakibat lebih buruk daripada jika Anda kalah (Billie Holiday)
Setiap orang yang memiliki keberanian untuk mengambil keputusan, dapat belajar menjadi wirausaha, dan berperilaku seperti wirausaha. Sebab kewirausahaan lebih merupakan perilaku daripada kepribadian yang dasarnya terletak pada konsep dan teori, bukan pada intuisi
(Peter  F. Drucker dalam Buku Innovation and Entrepreneurship)
Pandanglah dunia ini dari sudut yang lain (Film Dead Poets Society)
Saya memiliki gelar di bidang akuntansi dari Syracuse University. Tetapi ibu saya menanamkan nilai khusus.
Ibu adalah tipe orang yang jika pergi ke restoran, dia akan memesan sesuatu yang tidak bisa didapati di rumah.
Dia mengatakan hal yang sama di sekolah, kamu tidak butuh gelar untuk sesuatu yang bisa  dipelajari sendiri. Kebanyakan CEO yang sukses memiliki latar belakang kemampuan seperti akuntansi sebagai batu pijakan. Dengan cara itu, mereka bisa duduk dengan CFO (Chief Financial Officer) dan orang-orang keuangan untuk menuntut lebih banyak.
(Brandon Steiner, Founder and Chairman,  Steiner Sports Marketing)
Kita harus sadar bahwa menjadi pengusaha bukanlah sebuah upaya kolektif. Ketika Mark Burnett mendekati saya untuk membuat the Apprentice, semua orang menyarankan untuk menolak.  Bahkan agen saya menganggap hal ini sebagai kesalahan besar. Tidak ada yang antusias, orang-orang yang menyangkanya sebagai konsep gagal. Tetapi saya suka konsepnya saya menyukai Mark dan saya telah mengambil keputusan dan saya akan mempertahankan keputusan itu sendiri. Ketika acara itu terbukti sukses, saya tahu bahwa insting saya tepat. Penting untuk berpikir bagi diri sendiri (Donald Trump)
Saat saya siap untuk berdebat dengan orang lain, saya menggunakan sepertiga waktu saya untuk memikirkan tentang diri saya dan apa yang akan saya utarakan, dan dua pertiganya untuk memikirkan tentang orang itu dan apa yang akan mereka katakan (Abraham Lincoln)
Tidak mengambil keputusan itu adalah suatu pengambilan keputusan (Anonim).
Butuh waktu 20 tahun untuk membangun  reputasi, dan lima menit untuk menghancurkannya. Jika anda memikirkan hal itu, Anda akan melakukan sesuatu dengan cara berbeda (Warren Buffett)
Di tahun 1994, saya menjual perusahaan saya dan bekerja untuk Soutwest Airlines. Lima bulan kemudian saya dipecat. Itu ternyata menjadi hal terbaik yang terjadi pada diri saya.
Karena, pada saat membersihkan meja kantor lama, itulah hari pertama JetBlue dimulai. Itu menjadi dorongan untuk berbuat lebih baik dan berinvoasi yang akhirnya membuat saya meluncurkan JetBlue.
(David Neeleman, Founder and Chairman, JetBlue)
Melakukan kesalahan dalam hidup bukan saja lebih terhormat, tetapi lebih bermanfaat dari pada tidak melakukan apa-apa sama sekali (George Bernard Shaw)
Kalau semangat mendorongmu biarkan alasan memegang kendali (Benjamin Franklin)
Sekian sharing kali ini.
Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.
Ihsan Septiadi
Follow me @MasterMumtaz
Salam Mumtaz !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s